4 Tips Mudah Merawat Aglaonema

 


Merawat tanaman hias disaat masa pandemi seperti sekarang. Dapat dijadikan alternatif hobi untuk mengisi waktu luang. Salah satu tanaman hias yang banyak digemari adalah Aglonema.

Aglonema memiliki ciri khas daun yang berwarna-warni. Motif yang dimilikinya juga mencolok. Cara merawatnya juga mudah. Sebagai panduan kamu bisa mengikuti tips merawat aglonema dibawah ini.

1. Media tanam

Media tanam untuk menanam aglonema tentu harus kamu pikirkan baik-baik. Secara ringkas ada tiga media tanam yang bisa kamu gunakan

       Media tanam ringan biasanya untuk tanaman yang dalam masa pemulihan atau sedang sakit.

       Media tanam sedang kebanyakan digunakan jika tanaman aglonema milikmu diletakan di tempat yang minim cahaya matahari

       Media tanam berat  untuk aglonema yang berat karena dapat menyimpan banyak air.

2. Penyiraman

Saat musim hujan cukup siram tanaman aglonema dengan spray dan dicampur dengan cairan B1 dua hari sekali sedikit saja asal daunnya basah itu sudah cukup. Saat musim panas atau kemarau usaha untuk menyiramnya setiap hari.

Saat ingin menyiram aglonema pastikan terlebih dahulu apakah media tanamnya masih basah atau sudah kering jika masih basah tidak perlu disiram.

Untuk membuat spray aglonema cukup campurkan satu liter air dengan satu sendok cairan B1.

3. Menjemur Aglonema

Setelah di spray setiap pagi jangan lupa untuk menjemurnya. Letakan ditempat yang terkena sinar matahari. Cahaya saat menjemur aglonema juga harus dipertimbangkan jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap.

Untuk menjemurnya usahakan lakukan sebelum jam dua belas siang.  Atau hingga jam sepuluh pagi. Jika tidak ada matahari maka kamu tidak perlu untuk menjemurnya.

Jika bisa akan lebih baik jika tanaman aglonema diletakkan diluar ruangan hindari meletakkannya di dapur maupun kamar tidur. Aliran  udara yang tidak baik akan membuat aglonema mudah mati dan layu.

4. Pupuk Aglonema

Untuk pemberian pupuk aglonema lakukan setiap empat bulan sekali. Tentunya dengan pupuk yang telah diencerkan. Saat agloema milikmu sudah bertambah besar pindahkan ketempat yang lebih besar agar tanaman tetap hidup.

Tips tadi bisa kamu gunakan untuk merawat aglonema milikmu walau kamu masih pemula dalam merawat tanaman yang satu ini.